Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menegaskan pemerintah telah menyiapkan 71.643 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2024 untuk ditempatkan di IKN atau Ibukota Nusantara.

Menteri PAN-RB (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan formasi tersebut terdiri dari 14.114 orang yang akan berstatus PNS dan 57.529 sisanya sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Anas menambahkan dari total 71.643 formasi tersebut, pemerintah akan melakukan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital untuk penempatan di IKN sebanyak 2.906.

Sebagai informasi, total kebutuhan formasi CASN 2024 yang telah ditetapkan Kementerian PANRB sebanyak 1.289.824, yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

“Untuk pelaksanaan seleksi CASN tahun 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Juni atau Juli setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan/formasi pegawai ASN,” ujar Anas dikutip Rabu (8/4/2024).

Setelah memperoleh SK penetapan tersebut, instansi pemerintah berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi tahun 2024. Diharapkan, pada awal Juli sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” ucapnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Kabar Gembira! CASN 2024 Fokus Tangani Nasib Honorer


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *