Jakarta, CNBC Indonesia – Guna melayani penumpang pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus yakni Rabu (8/5/2024) sampai dengan Minggu (12/5/2024), PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan total 1.509 KA yang terdiri dari 1.101 KA Jarak Jauh dan 408 KA Lokal. Adapun total kapasitas tempat duduk yang KAI siapkan pada periode tersebut sebanyak 739.782 tempat duduk.

Terdapat penambahan 6 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya yakni Rabu (1/5/2024) sampai dengan Minggu (5/5/2024). KA-KA yang ditambah adalah 4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon pp dan 2 perjalanan KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir – Bandung pp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” ungkap Joni dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).




PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen - Surabaya Gubeng mulai 14 Maret 2024 dan KA (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng - Pasar Senen mulai 15 Maret 2024. (Dok. KAI)Foto: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng mulai 14 Maret 2024 dan KA (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen mulai 15 Maret 2024. (Dok. KAI)
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng mulai 14 Maret 2024 dan KA (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen mulai 15 Maret 2024. (Dok. KAI)

Berdasarkan pantauan pada Selasa (7/5), total tiket kereta api yang terjual pada Rabu (8/5/2024) sampai dengan Minggu (12/5/2024) yaitu sebanyak 439.433 tiket atau rata-rata 87.887 tiket per hari. Jumlah tersebut telah mencapai 59% dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual dan angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend.

KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Blitar – Bandung pp, dan relasi lainnya.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutup Joni.

[Gambas:Video CNBC]

(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *