Jakarta, CNBC Indonesia – Manusia biasanya memiliki kecenderungan ingin hidup lebih lama dan takut dengan kematian. Namun, ternyata di Amerika Serikat sebaliknya, mereka lebih menginginkan kehidupan usia pendek namun dengan kesehatan yang baik.

Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan Medtronic and Morning Consult terhadap 2.200 orang dewasa Amerika Serikat. Mayoritas responden menyatakan tidak lagi hanya mencari cara untuk hidup lebih lama, melainkan menjadi lebih sehat.

Pertanyaan dalam survei itu cukup sederhana. Yakni apakah mereka lebih suka hidup lebih pendek namun lebih sehat atau hidup lebih lama dengan masalah kesehatan. Mayoritas atau sebanyak 66% nya memilih opsi pertanyaan yang pertama.

“Mereka menemukan bahwa orang Amerika kini percaya definisi umur panjang juga harus mempertimbangkan apakah seseorang bebas dari masalah kesehatan yang signifikan saat usia tua,” dikutip dari laporan CNBC Make It, Sabtu (4/5/2024).

62% responden pun setuju atau sebagian setuju dengan perasaan khawatir bahwa mereka tidak akan sehat atau akan kesakitan jika hidup lebih lama. Lebih dari setengahnya percaya mereka akan menjadi beban bagi orang yang mereka cintai jika mereka berumur panjang.

Harapan hidup rata-rata di AS adalah 73,5 tahun untuk pria dan 79,3 tahun untuk wanita, menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS. Sekitar 60% responden yang disurvei Medtronic and Morning Consult berpikir mereka tidak akan hidup sampai 90 tahun.

Kekhawatiran tambahan yang dimiliki orang tentang hidup lebih lama, menurut jajak pendapat, adalah tidak memiliki cukup uang untuk menjalani kualitas hidup yang mereka inginkan dan kurang mampu menghabiskan waktu bersama orang yang mereka cintai di usia yang lebih tua.

Kendati begitu, sekitar 75% responden masih berharap mereka akan hidup lebih lama dan sehat secara bersamaan dengan adanya perkembangan atau kemajuan teknologi. Sebab, akan semakin tersedianya makan sehat, olahraga, dan pencegahan penyakit.

Dr. Thomas Perls, profesor kedokteran di Boston University Chobanian &; Avedisian School of Medicine dan direktur sekolah New England Centenarian Study mengungkapkan, setidaknya ada lima cara untuk hidup sehat dan berumur panjang.

Pertama ialah kelola tingkat stres Anda, kedua prioritaskan tidur yang nyenyak, ketiga makan makanan sehat, keempat sering berolahraga, dan kelima hindari merokok.

“Beberapa orang berpikir bahwa semakin tua Anda, semakin sakit Anda, dan bahwa mereka tidak ingin hidup sampai usia itu. Dan itu sebenarnya alasan yang sangat cacat,” kata Perls kepada CNBC Make It pada 2022.

“Semakin tua Anda, semakin sehat Anda,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: Ekonomi AS Tumbuh 4,9% (Yoy) Sepanjang Q3-2023


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *