Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas membeberkan gambaran tempat tinggal Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurutnya, akan ada 71.643 ASN yang ditugaskan di IKN.

“Jumlah itu terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK,” papar Anas dalam Konferensi Pers Progres Pengadaan ASN 2024, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (3/5/2024).

Lantas bagaimana tempat tinggal ASN yang ditempatkan di IKN nantinya?

Anas mengungkapkan, ASN akan disediakan hunian salah satunya berupa apartemen yang bisa menampung setidaknya hingga 3.500 orang dengan berbagai skenario.

“Yang kemarin saya sampaikan ketika opsi pemindahan┬áke IKN termasuk jika 47 tower selesai. Itu nanti ada 47 tower untuk ASN dan TNI Polri itu kurang lebih nanti akan ada, kalau ini yang jadi kurang lebih 3.500an yang akan bisa pindah jadi kita siapkan dengan beberapa skenario,” ungkapnya.

Adapun, dia mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu perkembangan terbaru dari pembangunan apartemen untuk ASN yang akan ditugaskan di IKN.

“Terkait hunian apartemen, ini hunian apartemen kita terus menunggu update yang terbaru,” tambahnya.

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa ASN tidak perlu membayar untuk tinggal karena apartemen tersebut disediakan oleh pemerintah, terkhusus ASN yang pindah pada tahap awal.

Adapun, dia menggambarkan bahwa hunian yang ditawarkan oleh pemerintah memiliki kualitas yang jempolan. Mulai dari pemandangan alam yang didapatkan, luas apartemen 98 meter persegi, hingga titik yang strategis.

“Nah terkait dengan apartemen, itu tidak bayar apartemen ini disiapkan oleh pemerintah, yang pindah di tahap awal ini, menurut saya banyak sekali dapat kelebihan pertama, apartemennya luas, luasnya 98 meter persegi view-nya bagus titiknya strategis. Jadi yang pindah pertama, dia akan mendapatkan fasilitas apa namanya apartemennya bagus, luas dan apa namanya lokasinya strategis. View-nya itu 180 derajat lihat alam, ASN Insya Allah lebih fresh di sana,” kata dia.

Tidak hanya itu, Anas juga mengungkapkan, di dalam apartemen yang akan dihuni para ASN akan disediakan fasilitas pendidikan bagi ASN yang memiliki anak. Dikatakan tingkat pendidikan yang ditawarkan sejak TK hingga SMA.

“Kemarin progres terbaru dari Pak Mensesneg di setiap apartemen di bawah, segera akan ada sekolah-sekolah sebagai daya dukung bagi putra-putri ASN yang akan pindah, mulai TK SD, SMP, SMA yang unggulan, yang sedang segera dipersiapkan oleh pemerintah saya kira itu,” imbuhnya.

Adapun, nanti di IKN, Anas klaim tidak akan lagi ada kendaraan selain kendaraan listrik. Kelebihan lainnya di IKN juga disebutkan memiliki ruas jalan yang sangat luas bahkan hingga 9 jalur.

“Apalagi nanti disana tidak ada lagi mobil yang bukan mobil listrik, mbaknya punya mobil Mercy pun kalau gak listrik gak boleh masuk. Jadi di situ memang sangat segar dan kemarin Menteri PU lapor kepada Bapak Presiden, jalannya itu kalau gak salah akan ada 9 lajur, sehingga cukup besar,” tutupnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


PNS yang Pertama Pindah ke IKN Dapat Tunjangan Pioneer, Apa Itu?


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *