Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah mengumumkan pembukaan 1,29 juta lowongan CPNS pada 2024. Ternyata, ada dua kategori pekerjaan yang paling banyak dicari oleh pemerintah pusat dan daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas menyatakan bahwa pemerintah membuka banyak lowongan untuk PNS di Ibu Kota Nusantara, talenta digital dan auditor.

“Nanti kami ingin sampaikan, berapa yang sekarang sudah formasi dikeluarkan pemerintah untuk Ibu Kota Nusantara. Juga khusus penyelesaian talenta-talenta untuk talenta digital masa depan yang dibutuhkan oleh pemerintah,” katanya, Jumat (3/5/2024).

Sebanyak 2.906 formasi talenta digital akan ditempatkan di IKN. Pemerintah juga membuka lowongan talenta digital untuk pemerintah daerah sebanyak 19.817 formasi. Kemudian, pemerintah juga membuka lowongan 974 auditor.

“Karena ini menjadi arahan Bapak Presiden untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang lebih bagus. Fresh graduate tahun ini juga diperuntukkan untuk auditor sehingga kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang belum mengusulkan formasi ini, pasti kita tolak. Untuk diperbaiki, mengusulkan talenta digital di dalam auditor mereka,” kata Anas.

Adapun, pemenuhan SDM untuk penempatan di IKN sebanyak 71.643 formasi yang terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK. Selain itu, pemerintah juga banyak membuka lowongan untuk profesi guru dan tenaga kesehatan.

Secara total, pemerintah membuka lowongan untuk 1.289.824 formasi yang terbagi menjadi 427.650 formasi pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Penyusunan perincian kebutuhan ASN 2024 telah dilakukan tanggal 15 Maret 2024 sampai dengan 29 Maret 2024 diperpanjang hingga tanggal 30 April 2024.

“Namun masih terdapat instansi yang belum selesai melakukan rincian usulan. Khususnya instansi yang mendapatkan alokasi formasi cukup besar. Kendala keterlambatan instansi yang disampaikan antara lain, instansi masih melakukan pemetaan jabatan,” papar Anas.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Seleksi CPNS Dibuka Lagi di 2024, Fresh Graduate Siap-Siap!


(dem/dem)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *