Jakarta, CNBC Indonesia – Persaingan mobil listrik dari segmen battery electric vehicle (BEV) terlaris makin seru dengan meluncurnya Wuling Binguo EV pada akhir tahun lalu. Sejak kemunculannya, mobil ini terus mencatatkan penjualan di posisi pertama, yakni lebih dari 3.000 unit selama kuartal pertama tahun ini. Wuling pun membongkar rahasianya alasan mobil ini mampu menduduki peringkat pertama mobil terlaris.

“Faktornya macam-macam, itu produk yang nge-hits, produk terbaru dari Wuling sebelum Cloud EV. Market hype-nya masih ada, dan segmennya itu strategis jika diisi oleh produk semacam Binguo. Jadi Binguo ini menjawab kebutuhan mayoritas orang-orang transportasi urban, sudah sangat tercukupi mobil seukuran dan sekelas Binguo, ditambah daya tarik styling banyak orang yang suka, harga masih sangat kompetitif, fitur oke, dan fungsionalitas menunjang untuk segmen itu,” kata Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko kepada CNBC Indonesia, Jumat (5/2/2024).

Berbagai faktor itu membuat Wuling Binguo EV menjadi mobil terlaris di RI. Dengan harga mulai dari Rp 317-372 juta, mobil ini mampu mengalahkan mobil lain seperti saudaranya Air ev dan Hyundai Ioniq 5. Padahal, kedua mobil itu sempat bersaing di barisan mobil terlaris hampir dalam dua tahun terakhir.

Mobil BEV lain belum mampu mencatatkan penjualan sebanyak Binguo.

Misalnya Ioniq 5, yang tercatat hanya menjual 395 unit di kuartal I tahun 2024, sementara Air ev hanya terjual 686 unit. Di balik berubahnya peta ‘jagoan’ BEV Wuling dari Air ev menjadi Binguo EV, Danang menilai penjualan Air ev tidak termakan oleh Binguo EV.

“Sebenarnya engga karena segmennya cukup berbeda, pembeli Air ev itu beneran ingin mobil Compact yang memang butuh mobil seukuran itu. Binguo bisa layani segmen lebih luas dari Air ev, tapi ada juga orang yang lebih pilih se-compact mungkin,” kata Danang.

Lalu, apa alasan penjualan Air ev justru turun dan kalah dibanding Binguo EV?

“Honeymoon periode itu ada kan ada life cycle kan. Kita tetap ingin menjaga produknya tetap stabil. Masih banyak yang nanyain Air ev, tertarik kepraktisan mobil se-compact itu,” ujar Danang.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Ini Dia Raja Mobil Listrik Terlaris Tahun 2023, Merek Ini Tancap Gas


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *