Jakarta, CNBC Indonesia – Pilihan mobil listrik di Indonesia kian bertambah banyak setelah Wuling meluncurkan Cloud EV. Mobil ini rilis di ajang pameran khusus kendaraan listrik, Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JI Expo Kemayoran, Jakarta dengan estimasi harga Rp410 juta.

Sebelumnya, Wuling sudah memiliki Air ev dan Binguo. Namun Cloud EV ditempatkan di atas kedua mobil tersebut, terlihat dari harga yang lebih tinggi dibanding keduanya. Wuling memasukkan ketiga mobil listrik yang sudah rilis di Indonesia tersebut dengan ABC Stories.

Dari segi penjualan, BinguoEV tercatat sebagai kendaraan listrik terlaris saat ini dengan penjualan lebih dari 3.000 unit selama kuartal pertama ini. Sedangkan kendaraan listrik Wuling pertama di Indonesia, Air ev, pun telah terjual 700 unit secara total di periode yang sama. Secara total pelanggan Wuling Air EV di Indonesia hampir mencapai 20.000 dan BinguoEV yang dihadirkan secara resmi di Tanah Air pada akhir tahun lalu kini telah dimiliki lebih dari 4.500 konsumen.

“Mereka pun menjadi bagian dari keluarga besar konsumen Wuling EV secara global yang telah mencapai angka 1,9 juta konsumen. Ini menjadi menjadikan Wuling sebagai brand EV di dunia yang berpengalaman dan terpercaya. Kami berharap kehadiran Cloud EV di pasar kendaraan listrik Indonesia dapat melengkapi ABC Stories yang kami usung dalam rangka memenuhi kebutuhan mobilitas yang ramah lingkungan dan juga inovatif,” ujar Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors dalam keterangannya.

Wuling memproduksi kendaraan listrik secara lokal di fasilitas pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat dengan TKDN lebih dari 40%, sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif PPN.




Wuling Cloud EV dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2024) pada Minggu, (17/2/2024). (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)Foto: Wuling Cloud EV dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2024) pada Minggu, (17/2/2024). (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)
Wuling Cloud EV dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2024) pada Minggu, (17/2/2024). (CNBC Indonesia/Tias Budiarto)

Spesifikasi Cloud EV

Baterai Cloud EV hanya tersedia varian dengan baterai Lithium Iron Phosphate 50,6 kWh dengan jarak tempuh 460 km. Di atas kertas, mobil ini dapat menempuh jarak Jakarta-Semarang.

Mobil ini memiliki panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.652 mm. Sedangkan wheelbase-nya 2.700 mm. Dari sisi daya tampung, Cloud EV memiliki 18 kompartemen penyimpanan. Tidak hanya itu, penyimpanan barang juga didukung bagasi deep sunk dengan volume hingga 606 liter. Bila membutuhkan ruang bagasi yang lebih, pengguna dapat melipat bangku belakang hingga rata untuk mendapatkan volume maksimal 1.707 liter.

Sales and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani menyebut bakal mengirimkan Cloud EV pada bulan Mei ini kepada pelanggan setelah menerima pesanan dari ajang PEVS 2024.

“Kami membuka periode khusus pre book dengan berbagai promo menarik. Kami menghadirkan beragam kemudahan berupa insentif Rp 5 juta, spesial leasing package yang berlaku bagi 1.000 orang pertama,” kata Dian.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BingguoEV Resmi Diluncurkan, Catatkan 3.000 Lebih SPK


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *