Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar yang dibangun di provinsi itu.

“Bendungan Tiu Suntuk ini jadi salah satu bendungan besar, berada di Sumbawa Barat menghabiskan anggaran Rp 1,4 triliun, artinya 1.400 miliar. Itu duit semuanya,” kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (2/5/2024).

Jokowi menjelaskan adanya perubahan iklim ke depan, maka air ketersediaan air menjadi sangat penting. Khususnya di NTB baik untuk air minum maupun pengairan bagi pertanian.

“Oleh sebab itu, pemerintah 10 tahun ini membangun tujuh bendungan di NTB, hanya di NTB, paling banyak,” jelasnya.

Adapun Jokowi menyebut bendungan Tiu Suntuk memiliki kapasitas 60,8 juta meter kubik, yang mampu mengairi wilayah irigasi 1.900 hektare dan menyediakan 680 liter per detik air baku. Selain itu Bendungan ini juga berguna untuk mereduksi banjir di sekitar Sumbawa Barat.

Dalam acara itu terlihat Jokowi juga didampingi beberapa menteri terkait seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Jokowi Tunjukkan Bukti Aturan Presiden Boleh Kampanye


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *