Jakarta, CNBC Indonesia – World Water Forum ke-10 yang akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024, akan menjadi momentum penting bagi Indonesia dan dunia dalam meningkatkan tata kelola air. Dengan tema “Water Shared for Prosperity”, forum dunia ini menjadi bukti perhatian serius akan manajemen isu air demi kepentingan masa depan air untuk kesejahteraan bersama.

Pada pertemuan World Water Forum mendatang, Indonesia akan memainkan peran sentral dalam memperkuat kemitraannya dengan negara-negara lain, organisasi internasional, sektor swasta, dan masyarakat sipil dalam mengembangkan solusi yang holistik dan inklusif dalam menghadapi masalah air.

Dalam keterangannya, Kementerian Sekretariat Negara menuliskan peran strategis Indonesia juga mencakup upaya dalam memperluas akses air bersih, dan sanitasi bagi semua lapisan masyarakat. Di samping itu, Indonesia juga menggunakan forum ini sebagai platform untuk memperjuangkan isu-isu global yang berkaitan dengan air, termasuk perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan pembangunan berkelanjutan.

Dengan demikian, World Water Forum ke-10 di Bali tidak hanya menjadi forum diskusi, tetapi juga momentum untuk Indonesia untuk menegaskan peran strategisnya dalam mendorong air untuk kesejahteraan bersama. Melalui kolaborasi lintas sektor, peningkatan akses air bersih, dan advokasi global, Indonesia terus berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam menjaga sumber daya air yang sangat penting bagi keberlanjutan dan kesejahteraan bersama di dunia ini.

Pemerintah Indonesia mengusung empat misi penting dalam forum air internasional terbesar di dunia ini. Keempat misi tersebut, yakni kehadiran jaringan terpusat di kawasan Asia Pasifik yang khusus ditujukan pada isu ketahanan air, perubahan iklim, dan penelitian lingkungan.

Selanjutnya, menciptakan hubungan dengan institusi, akademisi, organisasi penelitian, serta lembaga internasional lainnya. Pemerintah juga mendorong penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10 untuk menjaga keberlangsungan sumber daya air.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tidak hanya berusaha memecahkan masalah air di tingkat nasional, tetapi juga berkontribusi dalam upaya global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Salah satunya dengan memperkenalkan inisiatif dan inovasi yang dilakukan di bidang pengelolaan air. Termasuk pemanfaatan teknologi untuk efisiensi air dalam sektor pertanian, pertambangan, industri dan pengelolaan daerah aliran sungai, serta strategi adaptasi dan mitigasi terhadap bencana hidrometeorologi.

World Water Forum ini diharapkan menjadi platform efektif untuk mendiskusikan ide-ide inovatif, berbagi pengalaman terbaik, dan menyepakati komitmen konkret dalam menjaga keberlangsungan sumber daya air. Sehingga dapat meningkatkan kerja sama global dan mendorong tindakan nyata dalam menjaga kelestarian air.

Di samping itu, forum ini diharapkan menghasilkan komitmen dunia global untuk berkolaborasi menjaga air sebagai sumber kehidupan untuk kesejahteraan alam dan kelestarian bumi, yang diikuti dengan langkah nyata untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Road to 10th World Water Forum, Water For Shared Prosperity


(rah/rah)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *