Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak investor asal Inggris untuk menanamkan modalnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Indonesia.

Airlangga mengungkapkan dengan menawarkan lingkungan yang kondusif untuk bisnis melalui relaksasi peraturan, insentif pajak, dan infrastruktur, KEK diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia. Implementasi strategis KEK di seluruh Indonesia menargetkan berbagai sektor, termasuk diantaranya manufaktur, pariwisata, teknologi digital, pendidikan tinggi, perawatan kesehatan, dan banyak lagi.

“Ini merupakan komitmen Indonesia, bahwa kami akan membangun Kawasan Ekonomi Khusus, tidak hanya untuk manufaktur tetapi juga untuk digital, untuk pengembangan SDM, bahkan untuk kesehatan,” ujar Airlangga, dalam Indonesia Special Economic Zone (SEZ) Business Forum di Armourer’s Hall, London, dikutip Kamis (2/5/2024).

Airlangga juga menyampaikan bahwa beberapa faktor yang mendukung stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah stabilitas politik dan sosial, yang kemudian meningkatkan kepercayaan investor dan pelaku ekonomi.

Baru-baru ini Indonesia telah menyelesaikan sebuah peristiwa penting yaitu pemilihan umum. Indonesia adalah salah satu negara demokrasi terbesar yang menyelenggarakan pemilu berskala besar dan prosesnya dilakukan secara damai. Berkenaan dengan hal tersebut, Airlangga meyakinkan Perusahaan UK atas kepastian berusaha di Indonesia.

Tak hanya itu, Airlangga juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap stabil di angka 5,05%, di tengah pertumbuhan ekonomi global yang hanya mencapai 3%.

“Artinya, saat ini Indonesia termasuk dalam 5 besar negara dengan pertumbuhan ekonomi 5% secara global. Dan tahun ini kami memproyeksikan pertumbuhannya masih di kisaran 5,2%,” ujar Airlangga.

Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Rizal Edwin Manansang menyampaikan bahwa KEK diharapkan bisa menjadi terobosan Pemerintah dalam menciptakan keseimbangan ekonomi, juga menghadirkan kegiatan ekonomi yang sangat mudah bagi perusahaan yang ingin berinvestasi di pasar yang dinamis dan terus berkembang, baik sebagai tenant, developer, maupun penyedia infrastruktur.

Pilihan investasi ini menyediakan berbagai macam kesempatan serta menjanjikan manfaat ekonomi yang besar.

“KEK di Indonesia menghadirkan platform yang mudah diadaptasi untuk perusahaan yang ingin berinvestasi di pasar yang dinamis dan terus berkembang. Baik melalui operasi direct business, proyek pembangunan, atau penyediaan infrastruktur, pilihan investasi ini menyajikan berbagai macam minat dan keahlian, menjanjikan manfaat ekonomi yang besar dan posisi di masa depan yang menjanjikan di kawasan ASEAN,” ujar Edwin dalam paparannya.

Member of the House of Lords, co-chairs the All-Party Parliamentary Group on Sovereign Wealth Funds The Lord Sarfraz of Kensington memberikan apresiasi kepada Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia atas usaha dalam menarik investasi dunia.

“Jadi, hari ini saya sangat senang mendengar rencana Bapak, khususnya terkait Kawasan Ekononomi Khusus, terlebih bagaimana Bapak menarik minat perusahaan dan individu, bahkan keluarga di seluruh dunia, untuk mau merelokasi. Karena itu merupakan hal yang sulit dilakukan, mengingat banyak persaingan menarik dari seluruh dunia,” ujar The Lord Sarfraz of Kensington.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Airlangga Bantah Sri Mulyani Mundur dari Kabinet Jokowi


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *