Jakarta, CNBC Indonesia РPT TASPEN (Persero) menyediakan berbagai inovasi aksesibilitas informasi untuk seluruh lapisan masyarakat, termasuk bagi para penyandang disabilitas. Dalam hal ini, website resmi TASPEN,www.taspen.co.id, dilengkapi berbagai fitur ramah disabilitas, antara lain adanya opsi peningkatan ukuran teks website, opsi pengaturan kontras tampilan website, opsi fitur suara penyebutan menu website, dan opsi ramah disabilitas lainnya.

Corporate Secretary TASPEN Yoka Krisma Wijaya mengatakan, hal ini diharapkan dapat memudahkan para peserta TASPEN, khususnya peserta penyandang disabilitas dalam mendapatkan informasi seputar produk dan layanan TASPEN, tata cara kebijakan penggunaan layanan dan produk TASPEN, dan kondisi operasional bisnis TASPEN.

“Hari Keterbukaan Informasi Nasional merupakan momentum bagi TASPEN untuk memperkuat komitmen dalam menghadirkan informasi publik yang mudah diakses dan bersifat inklusif. Upaya ini tentunya dijalankan dengan semangat untuk terus berinovasi, sehingga informasi yang disediakan oleh TASPEN dapat tersebar secara luas dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para penyandang disabilitas,” ungkap dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (30/4/2024).

TASPEN pun meyakini, konsistensi dalam menghadirkan keterbukaan informasi publik ini dapat berdampak pada kontribusi positif TASPEN terhadap tata kelola yang baik, kepercayaan publik dan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.

Sehingga diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi TASPEN untuk terus bersikap andal dan senantiasa menghadirkan layanan yang prima bagi masyarakat, khususnya peserta TASPEN di seluruh Indonesia,” tambah dia.

Selain itu, TASPEN menyediakan akses khusus bagi penyandang disabilitas untuk pelayanan tatap muka pada setiap Kantor Cabang TASPEN di Indonesia. Antara lain tersedianya jalur khusus kursi roda, parkiran khusus disabilitas, dan toilet khusus disabilitas.

Kemudian, TASPEN menyediakan formulir Permintaan Informasi Publik khusus penyandang tuna netra yang berbentuk huruf braille. Di samping itu, TASPEN menyediakan ruangan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) bagi masyarakat untuk mengajukan permohonan informasi, berkonsultasi, dan mendapatkan bantuan dalam mengakses berbagai dokumen serta data yang terkait dengan operasional perusahaan secara langsung.

“Melalui upaya ini, TASPEN senantiasa memastikan seluruh informasi perusahaan dapat diakses secara mudah dan terbuka oleh para peserta TASPEN dengan berbagai latar belakang,” pungkas Yoka.

Sebagai informasi, beragam upaya keterbukaan informasi yang dilakukan TASPEN secara berkelanjutan menghasilkan penghargaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik sebagai kategori Informatif selama 3 tahun berturut-turut sejak 2021.

Selain itu, TASPEN menjadi satu-satunya perusahaan BUMN yang meraih penghargaan “Most Consistent Keterbukaan Informasi Publik” pada ajang BUMN Corporate Communication and Sustainability Summit (BCOMMS) 2024 yang diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Hal ini sejalan dengan arahan Erick yang mendorong budaya transparansi keterbukaan informasi di lingkungan perusahaan negara.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


TASPEN Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Media Sosial


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *