Jakarta, CNBC Indonesia – Hubungan kerja sama antara Indonesia dan India makin erat, terutama di industri pertahanan. Terbaru, India menggelar pameran sekaligus seminar terkait peralatan pertahanan di Jakarta.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Sandeep Chakravorty, menyebut industri pertahanan negaranya saat ini berkembang pesat, terutama di bawah inisiatif ‘Make in India – Make for the World‘.

Chakravorty mengatakan kinerja dan pesanan perusahaan-perusahaan Pertahanan India berada pada titik tertinggi, di mana ini telah mencapai rekor ekspor sebesar US$ 2,63 miliar atau sekitar Rp42,7 triliun pada tahun keuangan terakhir.

Dengan data tersebut, Chakravorty menyebut India siap menjadi salah satu eksportir pertahanan terkemuka pada tahun 2030.

“Saya sangat yakin bahwa lembaga pertahanan Indonesia dapat mengambil manfaat dari pengalaman dan keberhasilan negara maritim tetangganya (India),” kata Chakravorty dalam acara Defence Industry Partnership India-Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

“Kami menyadari bahwa Indonesia juga ingin membangun industri pertahanannya sendiri. Kami ingin berbagi pengalaman dalam upaya ini,” tambahnya.

Chakravorty mengatakan negaranya ingin bermitra dengan Indonesia untuk kolaborasi jangka panjang di Sektor Pertahanan.

“Kerja sama baik melalui platform besar dan menonjol seperti kapal, kapal selam, pesawat terbang, kendaraan lapis baja, dan satelit; dan juga di bidang metalurgi, hidrolika, pneumatik, kecerdasan buatan (AI), amunisi, dunia maya, dan keseluruhan desain, penelitian & pengembangan, serta ekosistem start-up yang menarik,” jelasnya.

“Kita juga telah melihat beberapa teknologi ini dimanfaatkan secara ganda untuk keperluan sipil, seperti komunikasi atau pemosisian satelit, solusi siber, dan drone,” tambahnya.

Dalam acara Defence Industry Partnership India-Indonesia, sebanyak 36 perusahaan pertahanan India datang ke Jakarta, bersama dengan delegasi tingkat tinggi dari Kementerian Pertahanan India.

“Masih banyak lagi yang ingin berkunjung, dan dalam waktu dekat kita akan melihat banyak perusahaan India dan Indonesia bermitra dan berkontribusi terhadap kerangka keamanan kedua negara. Kami menantikan peningkatan kerja sama bilateral di bidang pertahanan dan bidang lainnya; dan kemitraan jangka panjang,” tutup Chakravorty.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Gempa Magnitudo 7,0 Guncang China, Terasa sampai India


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *