Jakarta, CNBC Indonesia – Air berperan besar dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Sayangnya, mash banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses air bersih. Untuk itu, setiap insan yang hidup di muka bumi ini sebaiknya menggunakan air secara bijaksana. Lantas, mengapa semua orang harus tau akan pentingnya menggunakan air secara cermat?

Perlu diingat, jumlah air bersih yang ada akan semakin terbatas jika terus digunakan oleh semua makhluk hidup. Selain itu, dibutuhkan waktu dan proses yang cukup sulit memproses air yang tidak layak minum menjadi bisa diminum.

Di samping itu, kebutuhan air pun terus mengalami peningkatan sejalan dengan penambahan jumlah penduduk. Bahkan, perilaku manusia dalam menggunakan air juga kerap kali terbilang kurang bijaksana saat air sedang melimpah, sebab pada kondisi tersebut manusia enggan melakukan penghematan air.

Akan tetapi, saat air bersih ini sulit untuk diperoleh, biasanya masyarakat mulai menyadari akan pentingnya menggunakan air secara bijaksana. Untuk itu, diperlukan beberapa langkah penggunaan air secara optimal yang bisa dilakukan sejak dini.

Berikut ini merupakan tips untuk menghemat air bersih:

1. Kurangi Air untuk Menyiram

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam menggunakan air secara bijak adalah dengan mengurangi air untuk penyiraman. Biasanya, manusia melakukan penyiraman untuk beberapa hal diantaranya adalah menyiram tanaman, mencuci kendaraan, menyiram toilet duduk dan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, sebaiknya jangan menggunakan air dengan berlebihan. Maka dari itu, penghematan air bisa dilakukan dengan teknik menyiram yang efisien dan sesuai kebutuhan.

2. Jangan Lupa untuk Matikan Keran Air

Salah satu kesalahan yang sering terjadi di kehidupan manusia adalah lupa untuk mematikan keran air. Alhasil, jika keran lupa dimatikan akan membuat sumber daya air terbuang dengan sia-sia.

Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk mematikan keran air setelah menggunakannya dan memantau apakah keran air sudah mati dengan benar atau belum.

3. Pantau Penggunaan Air

Memantau penggunaan air diperlukan jika Anda ingin menghemat air dengan baik. Sebab, apabila penggunaan air tidak dipantau maka bisa saja air bersih mengalami pengurangan karena terbuang akibat air keran yang meluber di bak penampungan maupun kamar mandi.

4. Wajib Tutup Penampung Air

Jika Anda memiliki penampungan air seperti ember dan semacamnya, maka perlu menutup penampung air tersebut agar tidak kotor. Dengan begitu, air bersih tersebut tetap bisa dipakai tanpa tercemar oleh kotoran di sekitarnya.

5. Buat Sumur

Adapun langkah lain yang bisa dilakukan untuk menghemat air, yaitu Anda bisa membuat sumur. Dalam hal ini, gunakanlah air sumur tersebut untuk kebutuhan seperti mencuci kendaraan, mengepel lantai, dan menyiram tanaman.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Road To The 10th World Water Forum 2024


(rah/rah)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *