Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, (29/4/2024). Pertemuan ini dilakukan dalam rangka Singapura – Indonesia Leaders Reatreat.

Iring-iringan kendaraan PM Lee tiba di pintu gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.00 WIB. Disambut langsung oleh Presiden Jokowi saat PM Singapura saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

Tidak ada acara upacara penyambutan yang dilakukan. Dijelaskan bawa kedatangan PM Singapura merupakan kunjungan kerja bukan kunjungan kenegaraan.

Setelah itu kedua pemimpin negara memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Jokowi kemudian mengajak PM Lee untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai.

Setelah itu, keduanya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak. Kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval.

Seperti yang diketahui ini tahun terakhir dua pimpinan negara ini. Masa jabatan Jokowi selesai pada 20 Oktober 2024 yang akan digantikan presiden terpilih Prabowo Subianto. Sedangkan Lee akan digantikan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong sebagai Perdana Menteri Singapura pada 15 Mei 2024 mendatang.

Melansir keterangan dari laman Prime Minister of Singapore ini merupakan pertemuan leaders retreat ketujuh dan yang terakhir dengan Presiden Jokowi.

Beberapa pembicaraan yang akan dilakukam mulai dari peninjauan kerja sama bilateral, juga beberapa perjanjian. Seperti Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau dan Natuna, Perjanjian Ekstradisi 2022, Pakta Kerja Sama Pertahanan 2007, dan Perjanjian 2014 soal Penetapan Batas Laut Teritorial di Bagian Timur Selat Singapura pada September 2017, hingga kerja sama investasi dan perdagangan.




Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, (29/4/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, (29/4/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Adapun dalam pertemuan itu delegasi RI terdiri dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan Ham Yassona Laoly, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sedangkan Singapura seperti Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Lawrence Wong, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan, dan lainnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Prabowo Blak-blakan: Hilirisasi Kami Meneruskan Strateginya Pak Jokowi


(emy/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *