Jakarta, CNBC Indonesia– Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 dinilai menjadi momentum bagi Indonesia untuk menyiapkan infrastruktur air. Sebab infrastruktur air di Indonesia saat ini masih perlu diperbaiki, terutama terkait tata kelola, strategi pembangunan, dan aspek-aspek penting lainnya di sektor air minum serta sanitasi.

Direktur Eksekutif Perpamsi Subekti mengatakan jika hal ini tidak dibenahi secara cepat, maka dapat menghambat Indonesia menjadi negara maju pada 2045, khususnya di sektor air minum dan sanitasi.

“Ini adalah momentum bagi Indonesia untuk mendorong perbaikan tata kelola, strategi pembangunan, dan sebagainya khusus di sektor air minum baik itu air minum perpipaan dan sanitasi,” ujar Subekti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (25/4/2024).

Dia menjelaskan Perpamsi menyambut baik penyelenggaraan World Water Forum ke-10 karena masalah air saat ini menjadi agenda penting dunia dan menjadi agenda penting bagi Indonesia terkait perbaikan tata kelola air.

“Kami menyambut baik karena masalah air menjadi agenda dunia, dan penyelenggaraan World Water Forum di Indonesia di mana di tanah air kita masih berjuang mengenai perbaikan tata kelola air,” tambah Subekti.

Diketahui World Water Forum bertujuan memperkuat kolaborasi dan kemitraan global untuk mencari jalan dan mengatasi tantangan air dan sanitasi. Selain itu ada beberapa tujuan turunan yang ingin dicapai dalam setiap gelarannya.

Pertama adalah meningkatkan nilai strategis air dengan membangun komitmen politik dalam pemajuan manajemen air dan sanitasi (SDGs 6).

Kedua, meningkatkan awareness terhadap air sebagai critical concern global. Lalu yang ketiga sebagai multi-stakeholder event untuk mendiskusikan dan berbagi pengalaman serta mengembangkan pengetahuan dan praktik baik dalam tata kelola air dan sanitasi.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mematangkan persiapan World Water Forum ke-10 yang akan digelar di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024. Adapun tema yang diusung yakni”Water for Shared Prosperity”.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Indonesia mengundang 43 duta besar dan 4 organisasi internasional untuk turut berpartisipasi dan menyukseskan World Water Forum ke-10. Pemerintah Indonesia menargetkan sekitar 30.000 hingga 50.000 peserta dari berbagai negara hadir di forum tersebut.

Melalui World Water Forum ke-10, Pemerintah Indonesia berkomitmen mendorong negara-negara serta para pemangku kepentingan bidang air di seluruh dunia untuk menempatkan isu-isu terkait air pada puncak agenda global.

World Water Forum ke-10 akan fokus membahas empat hal, yakni konservasi airĀ (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters). Penyelenggaraannya terdiri atas tiga komponen, yaitu proses tematik, proses regional, serta proses politik.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Video: Gelar WWF, Indonesia Siap Wujudkan Water for Shared Prosperity


(rah/rah)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *