Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui perpanjangan waktu relaksasi penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Rabu (24/4/2024).

Sebelumnya kenaikan HET beras premium sudah diperpanjang sebanyak 2 kali, yakni sejak 10 Maret Р23 Maret dan 23 Maret hingga 23 April 2024. Sehingga HET beras premium tetap naik dari Rp 13.900 menjadi Rp 14.900 per kg. Seperti diketahui relaksasi atau menaikkan HET beras premium dilakukan pemerintah untuk memancing pelaku usaha melepas beras ke pasar, agar pasokan berlimpah di konsumen.

Arief mengatakan presiden memberikan izin untuk memberikan fleksibilitas harga untuk beras premium. Sehingga diputuskan untuk melakukan perpanjangan.

“Jadi ada fleksibilitas harga antara tanggal 10 sampai dengan yang kemarin tanggal 23 (April). Untuk itu hari ini kita akan melakukan perpanjangan sampai 31 Mei tahun ini,” kata Arief, kepada wartawan.

Meski dengan catatan untuk melakukan harmonisasi beberapa peraturan badan. Sehingga angka HET beras premium saat selama satu bulan ke depan mencapai Rp 14.900.

“Khusus yang medium kita akan diskusikan lagi angkanya kurang lebih sekitar Rp 12.000 – Rp 12.500,” kata Arief.

Arief mengatakan saat ini penyesuaian ini memang harus dilakukan. Terlebih saat ini input beberapa komoditas strategis meningkat.

“Jad kita semua percaya bahwa peningkatan produksi akan berbanding dengan kesejahteraan petani dan peternak,” kata Arief.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Harga Beras Dunia Tembus Rekor Sejak 2020, Dunia Terancam Kelaparan


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *