Jakarta, CNBC Indonesia – Pusat jual-beli barang elektronika terbesar di Jakarta Utara, Harco Mangga Dua, Jakarta Pusat, terpantau mulai bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 melanda beberapa tahun yang lalu.

Sebagaimana diketahui, Harco Mangga Dua merupakan salah satu pusat elektronika ternama yang menjual beragam barang elektronik, mulai dari laptop, perangkat komputer serta aksesorisnya, printer, speaker, HT, hingga CCTV. Saat pandemi lalu, kawasan ini sepi parah.

Dari pantauan CNBC Indonesia di lokasi Selasa (23/4/2024), sejak kaki melangkah masuk, pandangan mata langsung disambut oleh deretan perangkat komputer, laptop, sampai dengan CCTV. Para penjual pun terdengar aktif menawarkan dagangannya, seakan saling bersahutan, mereka melantangkan suaranya untuk menawarkan barang dagangan kepada setiap pengunjung yang melewati etalase tokonya.

“Silakan, cari apa? Laptop baru, second semua ada. Boleh dilihat-lihat dulu,” begitulah suara lantang para penjual menawarkan dagangannya.

Hiruk pikuk penjual, pembeli, sampai dengan kurir jasa pengiriman pun terlihat sibuk melewati dan bahkan mengisi lorong-lorong yang ada di pusat perbelanjaan ini. Dari pantauan, pusat perbelanjaan ini memang tidak terlihat ramai didatangi oleh pengunjung seperti pusat perbelanjaan pada umumnya, namun intensitas kunjungan kurir jasa kirim untuk menjemput barang nampak cukup banyak.

Kondisi tersebut dikonfirmasi oleh salah seorang penjual perangkat komputer bernama Lucy. Ia menyebut kondisi pusat elektronika sekarang ini sedang menuju pemulihan pasca pandemi covid-19 yang lalu. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya pelanggan yang berdatangan.

“Mulai ramai ini.. Alhamdulillah sih customer mulai berdatangan, ada juga yang online, via telpon atau WhatsApp, mereka pesan dari rumah kita tinggal kirim. Tapi kalau untuk pembelian banyak itu rata-rata mereka ke sini, nanti setelah transaksi selesai mereka minta dikirim, atau mereka bawa kendaraan sendiri untuk menjemput (barangnya),” kata Lucy saat ditemui CNBC Indonesia di lokasi.

Meski sudah menuju pulih, Lucy menyebut omset penjualan hari-hari belakangan ini masih terbilang jauh jika dibandingkan dengan sebelum pandemi.

“Kayaknya kalau dibandingkan sebelum pandemi engga ya, masih belum, jauh sekali untuk ke sebelum pandemi,” tuturnya.

“Kalau dulu memang benar-benar kita baru buka toko saja itu user (calon pembeli) sudah nungguin. Sudah pada ngantre itu sebelum pandemi, sekarang sih nggak ya, mungkin orang-orang masih nahan. Tapi ya setidaknya rejeki Alhamdulillah ada, walaupun omsetnya nggak kayak dulu. Karena ini memang benar-benar turun, semenjak ada Covid-19 juga, terus online shop,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


APPBI Ungkap Bakal ada 4 Mal Baru di Jabodetabek Sebelum Lebaran 2024


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *