Jakarta, CNBC Indonesia – Kalangan pengembang menyambut baik selesainya gejolak politik yang terjadi setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membuat keputusan dengan menolak semua gugatan atas hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dengan begitu, Prabowo Subianto melenggang jadi Presiden RI berikutnya, setelah diangkat sumpahnya pada bulan Oktober 2024 nanti. Dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presidennya.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan keduanya memenangkan Pilpres yang digelar Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu.

Wakil Ketua Umum Bidang Perundang-Undangan dan Regulasi Properti Real Estate Indonesia (REI) Ignesjz Kemalawarta mengungkapkan, dengan usainya pertarungan hasil Pilpres itu, kini dunia usaha bisa lebih memiliki kepastian, mulai dari kepastian usaha hingga hukum.

“Saya rasa semua orang punya pendapat bahwa ini kan sudah berakhir, politik sudah berakhir dan selama ini terjadi ada isu persaingan yang membuat ketidakpastian selama ini. Dan jika sudah diputus dengan aturan yang berlaku selesai, menurut pendapat kami akan ada stabilitas khususnya politik dan lain-lain, yang paling diutamakan kepastian hukum, ini yang paling diharapkan dunia usaha,” katanya kepada CNBC Indonesia, Selasa (23/4/2024).

Gonjang-ganjing politik yang terjadi selama beberapa waktu terakhir telah membuat banyak pengembang menunggu perkembangan situasi politik. Dari sisi konsumen, muncul keputusan juga dalam menahan pembelian, baik untuk rumah tinggal maupun investasi.

“Khususnya pembeli dan investor mereka sama-sama nunggu juga wait n see terjadi tiap pemilu seperti itu, sekarang sudah bisa dianggap selesai kompetisinya dan kita bisa masuk ke dalam alam nyata ini, sudah bisa jalan normal,” ujar Ignesjz.

Kepastian dalam negeri diperlukan dalam mengarungi dunia usaha ke depannya. Pasalnya, gejolak besar juga terjadi di belahan lain dunia, utamanya ketegangan antara Israel dan Iran. Setidaknya situasi di dalam negeri bisa lebih stabil.

“Ketika dalam negeri selesai, dengan demikian bisa mengarungi usaha ini. Apalagi ada perang segala macam Israel-Iran itu. Sehingga lebih nyaman, berkonsentrasi karena ada stabilitas yang terjadi sehingga membuat kita lebih stabil untuk usaha di Indonesia ini,” kata Ignesjz yang juga Advisor President Office Sinar Mas Land itu.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Janji Prabowo: Bakal Bangun 3 Juta Rumah!


(dce)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *