Jakarta, CNBC Indonesia – MODENA Group, produsen home appliances di Indonesia, meluncurkan MODENA Energy, sebuah lini bisnis yang bertujuan untuk menciptakan solusi mengenai energi terbarukan.

Dengan komitmen menyediakan solusi revolusioner dalam sektor energy provider, MODENA Energy siap menjadi mitra yang kuat bagi program pemerintah dalam mendorong penggunaan energi terbarukan, serta membangun masa depan yang lebih berkelanjutan bagi Indonesia.

Vice President MODENA Energy, Gian N Pratama menjelaskan, MODENA Energy hadir sebagai bagian dari komitmen MODENA Group untuk keberlanjutan, yang menjadi salah satu pilar nilai perusahaan.

“Kami percaya bahwa tanggung jawab untuk menjaga lingkungan adalah salah satu tujuan dari bisnis kami. Selain itu, MODENA telah dan akan terus mengambil inisiatif lain dalam mendukung keberlanjutan, termasuk langkah-langkah untuk mengurangi jejak karbon dan peningkatan efisiensi energi di seluruh operasi kami. Hadirnya MODENA Energy juga melengkapi keseluruhan home ecosystem yang dimiliki MODENA sebagai produk teknologi energi yang ramah lingkungan bagi masyarakat,” jelas Gian dalam keterangan resmi, Selasa (23/4/2024).

Menyikapi target besar pemerintah Indonesia untuk pemanfaatan energi surya, yang ditetapkan mencapai 4,680 MW pada tahun 2030, Gian memastikan komitmen MODENA Energy untuk mendukung visi pemerintah dalam mendorong adopsi energi terbarukan di Indonesia.

“Melalui produk Solar dan Baterai, kami berusaha membentuk lanskap energi yang lebih berkelanjutan,” tegas Gian.

MODENA yakin bahwa melalui upaya kolektif dapat menciptakan perubahan yang signifikan dalam menjaga lingkungan dan mendorong kemajuan menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Selain itu, MODENA Energy tidak hanya fokus pada penggunaan rumah tangga, tetapi juga menyediakan solusi untuk kebutuhan komersial dengan Solar Pad System yang tersedia mulai dari 1100 watt peak untuk residensial dan 300 kWp untuk komersial.

Bukan hanya mendukung program pemerintah dalam transisi energi, MODENA Energy juga berkomitmen untuk mendukung sektor swasta yang berfokus pada energi terbarukan, memungkinkan perusahaan-perusahaan untuk mengadopsi teknologi ramah lingkungan seperti Solar Pad dan Power Pad dalam operasional mereka, baik di pabrik, kantor, maupun fasilitas lainnya.

“Dengan menyediakan akses terhadap solusi energi terbarukan yang efisien, kami bertujuan untuk mempercepat adopsi energi hijau dalam berbagai sektor industri, serta memberikan kontribusi positif bagi upaya perlindungan lingkungan dan pembangunan masa depan yang lebih berkelanjutan” pungkas Gian.

Diketahui, potensi energi surya di Indonesia menurut KESDM mencapai 3400 GW, tetapi berdasarkan kajian IESR, potensinya 2 kali lebih besar dari pada itu. Energi Surya dapat menjadi tulang punggung transisi energi di Indonesia karena teknologinya yang modular, dapat diaplikasikan di berbagai permukaan, pembangunannya cepat, dan harga listrik yang sangat kompetitif dan terus turun.

“Oleh karenya, pemerintah harus mengoptimalkan potensi ini dengan cara melibatkan partisipasi masyarakat/konsumen listrik untuk memasang PLTS, khususnya PLTS Atap,” jelas Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa.

Dengan adanya kesenjangan yang cukup timpang antara potensi yang besar dari energi surya dan pemanfaatannya yang masih terbatas, MODENA Energy bertekad untuk terus menjadi pionir dalam mempercepat adopsi energi terbarukan di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Mantap! Penggunaan REC PLN Naik 75% di 2023


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *